top of page
Pelatihan Tata Rias Wajah dan Nail Art Bersama Second Chance Foundation

Memperingati Hari Kartini 2024 “Wanita Tangguh di Era Ekonomi Digital”. Bersama Second Chance Foundation dalam Pelatihan Makeup dan Nail Art di Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta

Jakarta, 17 April 2024. Menyambut Hari Kartini 21 April 2024, dengan tema “Wanita Tangguh di Era Ekonomi Digital”, Second Chance Foundation mengadakan kegiatan pelatihan makeup dan nail art yang melibatkan Warga Binaan Perempuan di Lembaga Pemasyarakatan. Pelatihan berlangsung selama 2 (dua) hari, sejak tanggal 17 sampai dengan 18 April 2024. Pelatihan tata rias wajah dipandu oleh Rizal Permana, selaku Professional Makeup Artists dari Bandung. Sedangkan pelatihan nail art dipandu oleh Windiana, selaku Professional Nail Artist dan owner dari Vuxia Nail Art.

Dalam pembukaan acara di hari pertama, kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua Yayasan Second Chance, Ibu Evy Amir Syamsudin. Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta, Ibu Ade Agustina, A.Md.I.P., S.H., M.H.. Kepala Subbidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan, Bapak Aramichi Renggalih, A.Md.I.P., S.H., M.H., serta Direktur CV Asanka Wijaya (Tone Cosmetics), Bapak Johan Wijaya Santosa, S.T.

Dalam sambutannya, Ibu Evy Amir Syamsudin menyampaikan apresiasi kepada para instruktur pelatihan, Sdr. Rizal Permana, Sdri. Windiana, dan CV Asanka Wijaya (Tone Cosmetics) yang telah memberikan kontribusi untuk mendukung kegiatan serta kepada semua pejabat dan tamu undangan yang turut hadir dalam pembukaan acara. Beliau menegaskan cinta dan penghargaannya kepada seluruh peserta pelatihan Makeup dan Nail Art, termasuk petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta.

Ibu Evy juga mengajak untuk merayakan semangat Kartini dengan menghargai kebebasan, kesetaraan, dan memperingati perjuangan Kartini yang menginspirasi perempuan di Indonesia. Pelatihan ini diadakan sebagai bagian dari program re-integrasi sesuai dengan Bangkok Rules No. 45 - 47, dengan tujuan membangun hubungan sosial dan kerjasama serta memberikan peluang pengembangan bagi para WBP, khususnya perempuan. Beliau menggarisbawahi bahwa kecantikan sejati berasal dari dalam, bahwa Makeup dan Nail Art merupakan ekspresi diri yang menyenangkan serta seni yang memperkuat rasa percaya diri. 

Kegiatan ini diikuti oleh 12 WBP dan 2 Petugas untuk pelatihan Makeup, serta 4 WBP dan 1 Petugas untuk pelatihan Nail Art. Ibu Evy berharap para peserta tidak hanya berhenti di pelatihan ini, tetapi juga terus berkembang untuk masa depan yang lebih baik setelah menyelesaikan masa hukuman dan proses rehabilitasi mereka. Beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini dan berharap semangat serta kontribusi mereka berlanjut di masa mendatang. Ibu Evy mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan selamat mengikuti acara kepada seluruh peserta dan mengucapkan Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia.

Sesuai namanya, Second Chance Foundation berupaya memberikan kesempatan kedua bagi warga binaan agar setelah bebas, mereka menjadi manusia yang kreatif, produktif, mandiri dan dapat  diterima kembali di lingkungannya sebagai manusia yang bermartabat dan tak mengulangi kesalahannya.

Selain itu, kami juga mengedukasi masyarakat dengan harapan prasangka negatif yang berkembang terhadap para WBP dapat tergantikan dengan semangat positif untuk mengangkat derajat mereka.

bottom of page