PELATIHAN

Buka Kesempatan Kedua Lewat Pendampingan dan Pelatihan yang Berkesinambungan

Pemberdayaan warga binaan merupakan salah satu aspek utama yang diperhatikan Second Chance Foundation. Second Chance Foundation memberikan pendampingan dan pelatihan yang berkesinambungan kepada para WBP untuk mewujudkan kesempatan kedua bagi mereka agar menjadi lebih baik. Program ini ditujukan agar mereka bisa mengenali potensi diri serta meningkatkan keterampilannya.

Menjahit, merajut, melukis, membuat mebel, memahat, membuat kerajinan rotan hingga memasak menjadi beberapa bentuk kegiatan pelatihan keterampilan yang kami lakukan, sehingga warga binaan dapat menjadi produktif dan mandiri, serta siap kembali bermasyarakat di kemudian hari.

Ketua dan Pendiri Second Chance Foundation, Evy Amir Syamsudin menjelaskan, di dalam penjara, ada lebih dari 200 ribu WBP di seluruh Indonesia yang berada di usia produktif dan terpaksa terhenti kehidupannya karena mesti menjalani hukuman.

“Kami ingin mendukung warga binaan untuk dapat memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dengan berbagai kegiatan positif. Kebebasan mereka boleh jadi terampas secara fisik, namun tak ada yang dapat mengekang kreativitas dan imajinasi mereka sebagai manusia. Kenyataannya, banyak sekali produk dan karya yang dihasilkan warga binaan yang memiliki nilai seni dan ekonomi yang tinggi,” katanya.

Second Chance Foundation dengan dukungan Kementerian Hukum dan HAM ingin menjembatani WBP dan publik yang secara umum minim pengetahuan dan kepedulian akan isu pemberdayaan WBP. Kami mendukung tujuan luhur dari lembaga pemasyarakatan, yakni mengembalikan individu yang telah tersesat untuk kembali kepada harkatnya sebagai manusia yang utuh.

KONTAK KAMI

The East Tower lt. 33

Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No. 2 

RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

+62 21 579 00701

  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Instagram