Dorong Kreativitas dan Produktivitas WBP,
Second Chance Foundation Gelar Sayembara Cerpen

Second Chance Foundation sebagai yayasan nirlaba berkomitmen dalam memberdayakan potensi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk menjadi mandiri, produktif dan dapat diterima kembali di masyarakat sebagai warga yang bermartabat. Di tengah pandemi corona, Second Chance Foundation terus berupaya mewujudkan komitmen tersebut dengan baik. Meskipun pandemi corona telah membatasi ruang gerak, tak berarti Second Chance Foundation tak lagi mampu memotivasi para WBP untuk tetap produktif dan terus mengasah kreativitasnya.

Dalam rangka hal tersebut, Second Chance Foundation menggelar sayembara cerita pendek (cerpen) dengan melibatkan para WBP di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP), dan Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Tema sayembara ini adalah “Kesempatan Kedua dalam Keterbatasan Ruang, Kreativitas Tanpa Batas”

Sayembara Cerpen Second Chance menjadi solusi alternatif untuk mengisi celah-celah kegiatan yang tertunda karena pandemi corona yang membatasi gerak semua pihak. Kami mendorong para WBP dan Anak tetap produktif dan berkreasi meski dihadapkan dengan pandemi corona.

Tujuan berikutnya yang hendak dicapai adalah, membukukan karya-karya terbaik dari kategori WBP dan Anak tersebut dan disebarkan ke masyarakat luas di tingkat nasional. Buku tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk menghilangkan stigma negatif terhadap mereka di masyarakat, sehingga mereka dapat diterima kembali setelah selesai menjadi masa hukuman di Lapas atau menyelesaikan masa pembinaan di LPKA. Dengan demikian, kesadaran publik akan isu pemberdayaan para WBP di Lapas dan Anak di LPKA semakin meningkat.

Seluruh pelaksanaan kegiatan “Sayembara Cerita Pendek Second Chance Foundation” dilaksanakan secara daring (online) dikarenakan adanya pandemi corona. Rangkaian kegiatan sayembara berlangsung secara formal dari tanggal 30 Oktober-10 Desember 2020.

Dalam pelaksanaannya, Second Chance Foundation bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), khususnya dengan Direktorat Teknologi Informasi dan Kerja Sama, Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak, Direktorat Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, serta Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol.

Adapun hadiah yang akan didapatkan untuk setiap kategorinya adalah berupa tabungan dengan nilai Rp 2.500.000 untuk Juara 1; Rp 2.000.000 untuk Juara 2; dan Rp 1.500.000 untuk Juara 3; beserta sertifikat penghargaan untuk para pemenang setiap kategorinya.

KONTAK KAMI

The East Tower lt. 33

Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No. 2 

RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

+62 21 579 00701

  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Instagram