2012

  • Cikal bakal dari Second Chance Foundation yaitu Napi Craft pertama kali berlangsung di Gedung The East Jakarta atas prakarsa dari Dharma Wanita Persatuan Kemenkumham yang dipimpin Evy Amir Syamsudin dan Kementerian Hukum dan HAM serta sejumlah pihak swasta. Pameran diresmikan Amir Syamsudin, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Kabinet Indonesia Bersatu II dan berlangsung 17-21 Desember 2012.

2013

  • Napi Craft kembali terselenggara kali ini bekerja sama dengan Katumbiri Expo 2013 berlangsung di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC). Perhelatan ini merupakan prakarsa Dharma Wanita Persatuan Kemenkumham bekerja sama dengan sejumlah instansi yaitu Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koperasi dan Ekonomi Kreatif. Pameran berlangsung 11-15 Desember 2013 dan diresmikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA), Linda Gumelar.PP-PA), Linda Gumelar.

2014

  • Napi Craft terselenggara bekerja sama dengan Festival Ekonomi Kreatif (FESRA) yang merupakan kolaborasi sejumlah instansi : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian BUMN. Ibu Evy Amir Syamsudin bertindak sebagai ketua panitia FESRA. Napi Craft berlangsung 11-14 Juli di Cendrawasih Assembly Main Lobby dan Plenary Hall dengan tema Harmoni Tanpa Batas dalam Bentuk dan Corak. Pameran dibuka Ibu Negara, Hj. Ani Bambang Yudhoyono. ​

  • Second Chance Foundation resmi berdiri secara legal formal pada 15 Oktober 2014.

2015

  • Peluncuran buku Voicing the Voiceless (KPG, 2015) oleh Evy Amir Syamsudin yang merupakan catatan pemikiran, pengalaman dan perenungannya selama mendampingi suaminya, Amir Syamsudin yang menjabat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Kabinet Indonesia Bersatu II 2011-2014. Dalam tiga tahun itu, Evy melakukan kunjungan ke berbagai lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia, bertemu dengan ratusan narapidana dan mendengarkan kisah hidup mereka. Acara peluncuran berlangsung di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki Jakarta pada 6 Mei 2015.
  • Tahun ini Napi Craft kembali berlangsung di Gedung The East, Jakarta dengan tema Creativity from the Voiceless pada 21-24 Desember. Pameran ini diresmikan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

2016

  • Napi Craft kembali dilaksanakan dan kali ini ingin lebih mendekatkan diri kepada publik dengan memilih lokasi di Mall Grand Indonesia pada 10-13 November 2016. Pameran bertajuk WE CARE ini dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Napi Craft 2016 dapat terwujud atas kerjasama Second Chance Foundation dengan Kementerian Hukum dan HAM dan sejumlah korporat yang memiliki kepedulian sosial tinggi.

2017

  • Second Chance Foundation bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM serta Pusat Kebudayaan Italia menyelenggarakan perayaan Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2017 dengan tema "Be Bold for Change" atau Berani Untuk Perubahan. Acara ini bertujuan agar publik memberikan perhatian lebih besar kepada para perempuan narapidana dan mantan narapidana yang tetap memiliki peran penting untuk pembangunan, namun kerap terpinggirkan karena status sosial mereka yang dianggap tercemar.​​
  • Buku "Made in Prison" : Evy Amir Syamsudin Memajukan Karya Narapidana (KPG, 2017) resmi terbit dan beredar di publik pada 25 September 2017. Buku ini merupakan seri kedua dari catatan dari visi dan gagasan Evy Amir Syamsudin untuk memajukan lembaga pemasyarakatan dan warga binaan.
  • Second Chance Foundation bekerjasama dengan The East menggelar Second Chance Charity Run yang merupakan ajang sosialisasi dan pengumpulan dana publik untuk program pembinaan warga binaan di lembaga pemasyarakatan.

2018

  • Second Chance Foundation kembali bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM serta Pusat Kebudayaan Italia menyelenggarakan perayaan Hari Perempuan Internasional pada 9 Maret 2018 dengan tema "Liberty in Creativity". Acara ini merupakan pagelaran seni warga binaan pemasyarakatan dan berkolaborasi dengan musisi asal italia Vinicio Capossela, kegiatan ini sekaligus juga Book Launching "Made In Prison" Evy Amir Syamsudin.

logo sc 18 new kupu orang.png
logo sc 18 new second chance-01.png
CONTACT
SOCIAL MEDIA
  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
  • White Twitter Icon

© 2018 by Second Chance Foundation.